cara membuat explosion box / kotak kejutan

Friday, 06 oct 2017

Explosion box




Kerajinan dari kertas ini saya lihat kali pertama dari youtube. Sebutannya dalam bahasa inggris adalah Explosion Box. Saya terjemahkan secara bebas sebagai Kotak kejutan. Membuat Kotak Ledak tidak sulit dan tidak memakan waktu lama. Hanya perlu sedikit menggaris, menyayat dengan cutter, menempelkan dengan double-tape, dan tadaaa....., jadi deh. Kita bahkan tidak perlu menggunakan gunting sama sekali, kecuali untuk memotong double-tape dan pita hiasan.

Explosion box ini sangat menarik untuk dijadikan sebagai alternatif hadiah. Bisa untuk hadiah Ulang Tahun, hadiah Hari Ibu, hadiah kelulusan, hadiah perpisahan, dan lain-lain. Fungsi utamanya adalah untuk menyimpan foto. Tapi bisa juga kalau mau ditempel dengan tulisan-tulisan, gambar-gambar, ataupun yang lainnya.

Biaya untuk membuatnya sangat murah. Kalau menggunakan kertas karton warna dan kertas kado standar, biayanya tidak sampai lima ribu rupiah.
Memberi seseorang explosion box sebagai hadiah akan sangat mengesankan. Karena dibuat sendiri, hadiah ini akan terasa sangat personal.

Tidak sulit dan tidak ribet membuatnya. Ayo dicoba.

Ini langkah-langkahnya dalam video tutorial. Silahkan simak di sini.




Kalau kesulitan menonton video karena buffer atau karena hal lain, bisa lihat urut-urutan cara kerjanya sebagai berikut.

Bahan yang diperlukan:
- Kertas karton warna
- Kertas kado dengan permukaan tidak licin
- Lem kertas (sebaiknya yang stick padat)





Alat yang diperlukan:
- Cutter
- Penggaris (sebaiknya penggaris besi)
- Pensil untuk menandai garis bantuan
- Gunting untuk memotong double-tape dan pita hiasan
- Stick Es Krim sebagai alat bantu

 Langkah-langkahnya:

Kertas karton layer pertama kita potong ukuran 12 x 12 cm (atau bisa menurut selera)



Lalu kertas tersebut kita garis menjadi 4 x 4 cm



Setelah digaris, kita sayat menggunakan cutter menjadi seperti ini. Ukuran masing-masing perseginya adalah 4x4cm





Saya lebih suka menyayat menggunakan cutter ketimbang menggunting karena lebih praktis dan lebih rapi. Sekedar tips, pastikan bahwa cutter kita tajam, dan penggaris kita kuat (tidak bengkok dan tidak tersayat kalo terkena cutter).

Setelah berhasil mendapatkan kertas layer pertama, kita buat layer kedua, ketiga, atau bahkan keempat bila mau. Untuk ukurannya, kurangi 2 atau 3 mm setiap layernya.

Nah, setelah selesai jadinya sepeti ini.




Setelah semua layer tersedia, kita hias layer-layer tersebut dengan kertas kado. Bisa juga ditambahkan hiasan-hiasan lain. Semakin cantik kertas kado dan hiasan, semakin kelihatan "wah" Kotak Ledak kita.




Tempelkan kertas kado yang telah kita potong-potong (lagi-lagi,, saya lebih suka menyayatnya menggunakan cutter) pada kertas karton warna yang telah kita buat layer-layer tadi. Tempelkan menggunakan lem kertas. Saya lebih suka menggunakan lem stick padat, karena tidak membuat kertas basah. Agar lebih rapi dalam merekatkan kertas, kita bisa menggunakan stick es krim sebagai alat bantu.


Setelah kita hias, layer-layer tersebut kita kaitkan dengan cara menempelkannya menggunakan double-tape. Kita tempel double-tape di bagian bawah layer. Hanya bagian bawahnya saja ya..


Jadinya seperti ini





Sekarang, kita tinggal membuat tutup explosion box Nya.

Siapkan kertas 8 x8 cm.







Double-tape di bagian lipatannya sehingga menempel. Dan jadi deh.. 

Ini hasil akhirnya



 Kalau dibuka tutupnya, akan meledak isinya jadi seperti ini






Nah, sebagai referensi, ini hasil jadi explosion box yang lain


Nah, yang ini buatan saya sendiri. Sungguh, yang aslinya jauh lebih menawan ketimbang yang terlihat di foto. Ini karena faktor kamera dan kameramen yang tidak handal, hehe...



kotak ledak ayo bikin sendiri


kotak ledak ayo bikin sendiri

kotak ledak ayo bikin sendiri

kotak ledak ayo bikin sendiri


Demikian ulasan tentang explosion box dan cara membuatnya. Selamat mencoba ya, terima kasih sudah berkomentar :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerpen : "Jangan melihat seseorang dari luarnya"